Jenis Bahan Kain Untuk Konveksi Kaos

Mengetahui jenis-jenis bahan kain merupakan hal yang penting bagi anda yang akan mendirikan usaha konveksi kaos karena agar dapat menghasilkan produksi yang berkualitas bagi pelanggan. Kaos merupakan pakaian yang banyak dicari oleh masyarakat umum karena nyaman untuk digunakan sehari-hari, untuk bersantai dirumah ataupun berkegiatan di luar ruangan. Selain itu harga pakaian jenis kaos ini harganya cukup terjangkau, terlebih jika konsumen langsung memesannya di tempat konveksi kaos harga yang ditawarkan bisa jadi lebih murah. Untuk konsumen, sebelum memesan pakaian kaos ini ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis bahan kain kaos yang tersedia di tempat konveksi kaos. Hal ini dilakukan agar sesuai dengan kebutuhan anda, bisa dipakai untuk acara gathering di kantor, seragam acara sekolah atau untuk dipakai sehari-hari. Jika bahan kaos yang dipilih sesuai maka ketika kaos digunakan pun akan lebih terasa nyaman. Banyak jenis bahan kain untuk konveksi kaos yang beredar di pasaran, untuk mengetahui perbedaan pada setiap jenis kain seperti apa berikut ini penjabarannya:

1. Cotton atau Katun. Biasa dikenal dengan bahan katun combed yang memiki karakteristik yang halus, dingin, nyaman karena dapat menyerap keringat ketika digunakan. Bahan ini laku dipasaran karena cocok digunakan pada negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Katun combed memiliki 3 jenis combed yang berbeda berdasarkan jenis benang yang digunakan dan setting gramasinya (gr/m2). Ketiga jenis combed itu adalah combed 20s yang merupakan combed yang paling tebal, combed 24s yang tebalnya sedang dan combed 30s yang ketebelannya paling tipis. Dari ketiga jenis tersebut yang paling favorit digunakan oleh distru adalah combed 20s. Semua katun combed memiliki serat benang yang halus sehingga hasil produksi pakaiannya akan terlihat lebih rata dan rapi harganya pun terjangkau.

2. Cardet. Kain jenis ini biasa dipasarkan pada pasar menengah kebawah dan dicari konsumen di tempat konveksi kaos karena kainnya kurang halus jika dibandingkan combed tetapi harganya relatif murah dan biasa digunakan untuk kebutuhan kaos pabrik, seragam buruh dan kaos oblong olahraga.

3. Polyester dan PE. Jenis bahan kain yang bisa digunakan untuk konveksi kaos ini adalah bahan yang sangat menyerap panas jika digunakan tidak dingin seperti pada kain katun combed maupun cardet tadi karena polyester ini terbuat dari bahan ester yaitu hasil sampingan dari minyak bumi yang digunakan untuk pembuatan serat fiberpoly.

4. Teteron Cotton atau TC. Bahan kain ini terbuat dari 35% cotton combed dan 65% polyester. Bahan kaos ini tidak mudah melar dan kusut tetapi tidak mudah menyerap keringat.
Adapun jenis bahan kain untuk konveksi kaos yang lainnya adalah viscose, CVC, dan hyget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *