Bagian Jeroan Kambing Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Dimasak – Aqiqah Yogyakarta 2019

Aqiqah Yogyakarta – Kambing merupakan hewan yang sangat enak untuk kita masak menjadi berbagai macam makanan yang berbeda-beda. Mulai dari gulai, sate, tongseng dan lain sebagainya. Selain rasanya yang terbilang sangat enak, tentu saja sebenarnya kambing ini akan memiliki tekstur yang gampang diingat.
Akan tetapi sebenarnya bukan hanya pada bagian daging saya yang dapat kita manfaatkan sebagai makanan. Akan tetapi juga pada bagian jeroan yang terbilang sangat enak. Maka dari itu perlu kita perhatikan pada saat memasaknya. Berikut ini adalah beberapa daerah dan bagian pada kambing yang patut kita coba dan perhaikan beberapa hal sebelum memasaknya berikut ini :

  1. Hati. Pada baian ini sendiri pada mahluk hidup akan digunakan untuk menetralisir racun. Maka dari itu usahakan sebelum memasaknya agar selalu dapat membersihkannya dengan lebih teliti agar semua racun yang mungkin saja masih ada pada hati ini senantiasa pergi dan hati menjadi aman untuk dikonsumsi.
  2. Paru. Bagian ini juga sebelumnya harus terlebih dahulu di cuci sampai benar-benar bersih dulu. Usahakan juga mencucinya pad air yang mengalir. Kemudian sebelum mengolahnya, usahakan untuk merebusnya dengan lama agar nantinya bisa empuk. Selain itu jangan ikut merebus baian kerasnya, bagian ini bisa dibuang saja.
  3. Usus. Pada bagian ini juga sangat memerlukan perawatan khusus. Terutama saat kita sedang mencucinya. Usahakan agar mencucinya agara nantinya agar semua kotoran yang ada bisa keluar semuanya. Sebelum di masak usahakan agar mencampurnya dengan menggunakan air jeruk nipis agar baunya menghilang. Selain itu saat memasakn ya juga harus benar agar empuk dan juga gurih usus yang kita masak ini.
  4. Ginjal. Pada bagian ini termasuk juga dalam bagian yang bisa di bilang gak boleh ketinggalan saat kita makan jeroan maka dari itu kita harus bisa memasaknya dengan benar. Pada saat pertama sedang memasaknya, maka pastikan kalau lemak yang menempel pada ginjal menjadi hilang dan nantinya akan menjadi enak saat kita masak selanjutnya.
  5. Bagian kepala. Bagian jeroan itu bukan hanya jeroan perut saja. Melainkan juga pada bagian kepala. Karena pada bagian ini memiliki ciri khas yang sebenarnya kurang bagus. Maka perlu sekali untuk membersihkannya dengan baik. Selain itu pada bagian tertentu juga sangat membutuhkan bantuan rempah maupun berbagai bumbu lainnya agar terasa jauhlebih enak.
  6. Teknik memasak. Proses pertama yang dapat kita lakukan disini yaitu dengan cara mencoba untuk merendam jeroan pada air dingin atau biasa. Setelah sekitar 10 menit, lalu tinggal masikan saja ke dalam air panas. Dan pada saat ini pastinya akan mengeluarkan buin. Dan buih inilah yang harus kita buang agar nantinya masakan gak bau prengus.

Itulah beberapa jeroan kambing dan juga teknik mengatasi agar gak bau dan bisa empuk. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *